Ini Dia Contoh Makalah Pancasila

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas makalah yang berjudul contoh makalah pencasila. Pancasila merupakan ideologi negara republik Indonesia yang menjadi patokan bangsa dalam berprilaku. Pancasila mengandung 5 sila yang telah ditetapkan sejak kermerdekaan Indonesia tercetus yaitu pada tangga 17 agustus 1945. Dalam pembuatan pancasila membuatuhkan banyak usaha dan pengorbanan dari para pahlawan dahulu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah panjang pancasila menjadi tujuan utama penulis dalam membuat makalah ini. Penulis ingin menulis sejarah tentang terbentuknya pancasila dimana terdapat campur tangan dari para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara ini dengan tumpah darah dan politisi yang alot pada saat itu. Panulis telah melakukan penelitian dan pengamatan dalam menelaah sejarah Indonesia melalui beberapa buku sejarah yang menjadi referensi penulis dalam membuat makalah ini serta para sejarawan yang menjadi narasumber dalam memberikan kisah-kisah para pahlawan. Maka dari itu, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dalam mengerjakan makalah ini terutama sejarawan yang menjadi narasumber dan guru pembimbing penulis yang membimbing penulis dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan seperjuangan yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangung sehingga saya dapat melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan diatas tentang contoh makalah pancasila dapat ditarik kesimpulan betapa sulitnya para pahlawan dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Indonesai merupakan daerah jajahan yang telah dijajah oleh belanda, jepangdan portugis. Alasan utamanya dikarenakan sumber daya alam yang melimpah sehingga negara adidaya berkeinginan untuk mengusai Indonesai. Perjuangan bangsa Indonesai dimulai dari peprangan yang menghasilkan pertumpahan darah hingga politisi yang mengandalkan kecerdikan dan siasat. Pada masa, penjajahan jepang, Indonesie mendapat kesempatan untuk memberontak sehingga peluang untuk merdeka sangat besar. Dalam menyusun ideologi Negara Indonesia dilakukan bebrapa proses yang dramatik dimana terbentuknya kelompok yang bertugas sebagai panitia persiapan kemerdekan dan pandangan yang berbeda-beda dari setiap petinggi saat itu mengenai isi ideologi. Hingga terjadi revisi atau perbaikan sampai terbentuknya pancasila yang terdiri dari 5 sila berisi.

1. Ketuhan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradap
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesai

Kelima sila tersebut menjadi pedoman dasar bagi seluruh bangsa Indonesia. Untuk itu, kita sebagai warga negar yang baik harus menjalankan kelima sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian makalah tentang contoh makalah pancasila yang telah dibahas secara rinci dan mendalam. Tidak lupa, penulis ingin berterima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan seperjuangan yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu. Saya mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangung sehingga saya dapat melengkapi makalah ini. Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberikan inspirasi dan ilmu mengenai perjuangan para pahlawan dahulu sehingga kita dapar lebih menghargai perjuangan mereka dengan menjaga dan meberikan dukungan kepada Negara Indonesia



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide