Ini Dia Contoh Makalah Pendidikan Karakter

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah pendidikan karakter. Moralitas bangsa Indonesia berada pada titik yang memprihatinkan. Maraknya kekerasan yang dilakukan anak-anak dan remaja terhadap teman sebayanya, meningkatnya pergaulan bebas, penggunaan obat-obatan terlarang, pornografi dan hal-hal lain yang mempengaruhi moral bangsa. Padahal, remaja dan anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang seharusnya mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan Negara Indonesia. Tingat kriminalitas di kalangan remaja pun meningkat dari banyaknya kasus pencurian, kekerasan dan pelechan yang dilakukan remaja menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh semua pihat baik keluarga, lingkungan sekitar dan pemerintahan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas cara mendidik anak sehingga memiliki karakter yang sopan dan satun serta mengetahui batas yang tidak boleh dilakukan. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. 



Dari pembahasan makalah pendidikan karakter diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter merupakan segala kegiatan yang berusaha mendidik dan mengajarkan serta mempengaruhi karakter siswa agar merka memahami, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai etika yang berlaku di masyarakat. Keadaan keluargaa dan lingkungan sekitar sangat mempengarhui perkembangan karakter anak. Anak yang baru beranjak remaja adalah masa dalam pencarian jati diri dimana anak tersebut akan melakukan apa saja yang menurutnya benar. Semakin kita melarang maka anak malah melakukan hal yang dilarang tersebut. Rasa ingin tahu yang besar ketika anak beranjak dewasa adalah hal yang wajar karena itu, orang tua tidak boleh menutupi atau membiarkan perkembangan mental anak begitu saja. 18 butir nilai-nilai kehidupan yang harus diketahui dan dipahami oleh anak adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social dan tanggung jawab. Nilai etika yang harus dipahami dan diterapkan di kehidupan sehari hari tersebut membutuhkan peranan keluarga dan sekolah dalam mendidik anak menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Perhatian orang tua dan komunikasi yang baik dalam menjelaskan hal yang sensitive merupakan peran orang tua dalam memperkenalkan dunia yang lebih dewasa agar anak tidak salah kaprah atau belajar dari orang yang salah. Peran sekolah dalam mendidik dan memberikan pengetahuan budi pekerti merupakan salah satu cara memupuk rasa cinta tanah air, kreatif. Jujur, bersahabat dan lain-lain. Segala aspek kehidupan mempengaruhi karakter seorang anak. Pendidikan karakter sangat penting untuk meningkatakan moral bangsa, tidak hanya pelajaran akademik yang menjujung tinggi prestasi tetapi tidak memiliki hati nurani. Tetapi pengetahuan yang berguna bagi semua oaring berawal dari hati yang tuluus dan ikhlas dalam melakukan segala hal.

Demikian makalah pendidikan karakter yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat dan memberikan arahan yang baik bagi semua pembaca dalam memdidik karakter anak menuju nilai-nilai kehidupan yang baik. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide