Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
      Pengertian belajar dan pembelajaran menurut para ahli. Setiap manusia yang hidup pasti akan terus dan terus belajar. Tidak ada manusia yang akan berhenti untuk belajar selama mereka hidup dan bernafas. Oleh karena itu pentingnya belajar serta pembelajaran bagi manusia telah di berikan sejak dini. Di mulai saat kita di lahirkan kita belajar untuk beradaptasi dengan dunia ini hingga kii kita telah tumbuh dewasa menjadi pribadi-pribadi yang ganteng , gagah bagi pria serta cantik dan menarik bagi yang wanita. Lalu apa pengertian dari belajar itu ? Belajar merupakan ilmu kehidupan yang dilakukan oleh setiap menusia yang ingin mengetahui sesuatu atau melakukan sesuatu. Dengan kata lain belajar dapat diartikan sebagai suatu proses dimana setiap orang akan melakukan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman serta latihan yang di lakukan secara terus menerus atau berkala.  Seseorang dapat di katakana telah belajar jika dapat menunjukan perubahan perilakunya atau dapat menghasilkan suatu karya dan lain sebagainya. Belajar juga terjadi akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon atau dapat di katakana seperti input dan output. Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses serta cara dan perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup tersebut belajar .  Pengertian lain dari pembelajaran adalah suatu proses interaksi dari peserta didik dengan pendidik dengan berbagai sumber belajar pada suatu lingkungan belajar..



Pengertian belajar dan pembelajaran menurut para ahli adalah sebagai berikut menurut nasution belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Sedang pembelajaran menurut Corey adalah suatu proses dimana pada lingkungan seseorang yang di lakukan secara sengaja akan di kelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus yang akan menghasilkan respons terhadap situasi tertentu. Diamana pembelajaran emrupakan subset khusus dari sebuah lembaga pendidikan. Sedangkan Ernest H. Hilgard  berpendapat mengenai belajar adalah sesuatu yang di lakukan sebelum ia belajar dan jika kelakukannya berubah hingga caranya mengahadapi situasi telah berubah dari pada sebelum nya. Sedangkan Sudjana memiliki pendapat mengenai pembelajaran yaitu ia katakana bahwa pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu upaya yang sistematik dan sengaja untuk terciptanya suatu kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik dan pendidik yang melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan Ahmadi memiliki pendapat menegnai belajar yaitu belajar merupakan suatu proses dimana adanya perubahan pada diri manusia tersebut. Oemar pun memiliki pendapat lain mengenai belajar, belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan yang terjadi dalam diri seseorang yang di nyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat adanya pengalaman dan latihan. Dimyati pun juga berpendapat bersama Mudjiono bahwa pembelajaran adalah suatu kegiatan gurusecara terprogram dalam suatu desain instruksional untuk membuat siswa belajar aktif dan yang akan menekankan pada penyediaan sumber belajar. Dan yang terakhir adalah Winkel yang memiliki pendapat bahwa belajar adalah suatu aktifitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang akan menghasilkan perubahan – perubahan dalam pengetahuan , pemahaman dan keterampilan serta sikap-sikap. 
.
Jadi dapat di simpulkan bahwa pengertian belajar dan pembelajaran menurut para ahli yang telah di jelaskan adalah baik belajar maupun pembelajaran merupakan kegiatan manusia yang kompleks dimana semua memerlukan suatu proses dan akan menghasilkan suatu perubahan dengan adanya belajar dan pembelajaran tersebut.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide