Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
          Pengertian budaya menurut para ahli. Budaya adalah suatu kebiasaan atau rutinitas. Budaya juga dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh seseorang maupun kelompok orang serta di wariskanm secara turun temurun atau dari generasi ke generasi sehingga budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit seperti agama  , politik , ada istiadat , bahasa , karya seni dan bangunan. Karena budaya tak bisa di pisahkan dengan manusia , maka ada juga yang beranggapan bahwa budaya merupakan warisan secara genetis. Budaya pun dapat di pelajari seperti pada contoh ketika seseorang berusaha untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda budaya dan saling menyesuaikan denagn perbedaan yang mereka miliki. Berdasarkan katanya , budaya berasal dari kata buddhayah yang berasal dari bahasa sanskerta yang merupakan bentuk jamak dari buddhi ( akal atau budi ) Dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi serta akal manusia . Dalam bahasa Inggris budaya di sebut denagn culture sedangkan dari bahasa latin budaya di sebut dengan colere yaitu mengolah atau mengerjakan.


Lalu bagaimana pengertian budaya menurut para ahli? Berikut beberapa pengertian budaya dari beberapa ahli seperti Koentharaningrat yang mengartikan budaya adalah suatu sistem gagasan beserta rasa yang tindakannya serta karyanya yang di hasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang di jadikan olehnya dari belajar. Lalu menurut E.B . Taylor budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan , kepercayaan , seni , kesusilaan , hukum dan adat istiadat. Serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang di pelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Ada pun menurut Linton budaya merupakan keseluruhan dari pengetahuan , sikap , dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang di miliki dan di wariskan dari anggota suatu masyarakat tertentu. Ada pun budaya menurut Kluckhohn dan Kelly adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis baik yang eksplisit maupun yang implisit , rasional , serta yang dada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia. Menurut Mitchel budaya adalah seperangkat nilai-nilai inti , kepercayaan , standart , pengetahuan , moral , hukum , dan perilaku yang disampaikan oleh individu dan masyarakat yang menentukan bagaimana seseorang bertindak serta berperasaan dan memandang dirinya dan orang lain. Ada jug pengertian budaya menurut Bovee dan Thill yang mengatakan bahwa budaya adalah system sharing atas simbol-simbol , kepercayaan , lalu sikap , serta nilai-nilai , beserta harapan , dan norma-norma berperilaku. Sedangkan budaya menurut Lehman , Himstreet , dan Batty adalah sebagai sekumpulan pengalaman hidup yang ada pada masyarakat mereka sendiri. Dan tentu saja pengalaman hidup masyarakat tersebut sangatlah banyak yang bervariatif , termasuk bagaimana mereka berperilaku dan memiliki keyakinan serta kepercayaan dari masyarakat itu sendiri.

Dari beberapa pengertian budaya menurut para ahli yang telah di jelaskan sebelumnya , maka dapat diambil kesimpulan bahwa arti budaya yaitu sekumpulan pengalaman hidup seseorang atau kelompok, lalu system sharing , pemrograman kolektif , serta karakteristik perilaku setiap individu yang ada dalam suatu masyarakat.  Budaya umumnya adalah suatu pola hidup yang menyeluruh , budaya sendiri bersifat kompleks , abstrak , dan luas. Banyak aspek budaya yang turut menentukan perilaku komuikatif. Unsur-unsur sosial budaya itu dapat tersebar dengan luas meliputi kegiatan sosial manusia.



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide